Sabtu, 22 Agustus 2009

Cara Membuat Skripsi: Membuat rumusan masalah penelitian.

Cara membuat skripsi:

Setelah anda selesai menentukan latar belakang penelitian, maka langkah selanjutnya adalah menentukan atau membuat rumusan masalah penelitian. Rumusan masalah harus dibuat dalam bentuk kalimat tanya. 


Saya beri contoh... asik..he he.
Jika judul anda adalah hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat pertolongan pesalinan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang 

Dari judul tersebut maka rumusan masalahnya sebagai berikut:
Bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat pertolongan persalinan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang? 


Langkah keempat: membuat tujuan penelitian

Ingat tujuan penelitian anda adalah tujuan dari penelitian ada , bukan tujuan diluar itu.. yaiyalah masa yaiiya dong... he he. 

Maksudnya begini, tujuan penelitian ada 2 (dua) yaitu tujuan umum dan khusus. Tujuan penelitian menunjukan apa yang ingin dicapai dalam penelitian ini, tentunya bukan sebagai prasyarat menyelesaikan pendidikan. Nah...bohong lagi deh..
Tujuan ada 2 (dua) yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Bedanya? Bedanya.... ya yang satu umum dan yang satu lagi khusus....he he....
Tujuan umum berarti tujuan secara umum yang ingin dicari dari penelitian ini dan yang khusus tujuan yang merupakan penjabaran dari tujuan umum. Pusiiiiiing....

Supaya ga pusing saya beri contoh...
Ingat judul anda ... judul anda yang ini: hubungan antara pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat pertolongan pesalinan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang. 

Dari judul tersebut maka tujuan umumnya sebagai berikut: 
Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat pertolongan persalinan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang?

Lalu tujuan khususnya:
Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah:
1. Mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang
2. Mengidentifikasi tempat pertolongan persalinan di wilayah kerja puskesmas enggal waras kota enggal damang
Cuma itu? IYA.... ya...gampang dong. 


Langkah kelima: menentukan manfaat penelitian
Manfaat penelitian terdiri dari manfaat teoritis dan manfaat praktis... apa lagi nih?????
Tenang gampangnya begini...
Ingat-ingat...manfaat penelitian merupakan sasaran kemana hasil dari penelitian akan di sarankan. Maksudnya jumlah manfaat = jumlah saran pada bab akhir nanti. Kemana manfaat penelitian ditujukan? Ya terserah anda sebagai peneliti..he he....

Okelah saya beri contoh, inilah yang dapat manfaat dari penelitian anda.
1. Bagi Pendidikan
2. Bagi Profesi
3. Bagi Tempat Penelitian
4. Bagi Peneliti

Nulisnya gimana? 
Nulisnya gini 
1. Bagi pendidikan
Hasil dari penelitian diharapkan dapat menambah pengetahuan dan literatur keilmuan terkait dengan hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat persalinan. 
2. Bagi Profesi
Meningkatkan keilmuan bagi profesi saya (sebutkan profesi anda) terutama dalam hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat persalinan.  
3. Bagi Tempat Penelitian
Memberikan gambaran tentang hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat persalinan sehingga dapat dipergunakan sebagai dasar penentuan kebijakan yang terkait dengan peningkatan persalinan oleh tenaga kesehatan.
4. Bagi Peneliti
Memberikan wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan penelitian terutama dalam hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kehamilan dengan pemilihan tempat persalinan. 
Ini Cuma contoh.... tentunya anda tidak harus seperti ini...

0 komentar:

Posting Komentar