Sabtu, 22 Agustus 2009

Cara Membuat Skripsi: Mempresentasikan hasil penelitian didepan penguji

Mempresentasikan hasil penelitian didepan para penguji merupakan bagian terakhir dari tahapan yang harus dilewati. Kegiatan ini merupakan babak penentuan yang harus mendapatkan perhatian. Yang terpenting dari kegiatan ini adalah anda harus dapat meyakinkan para penguji. Lalu bagaimana caranya:
Berikut adalah tip yang saya berikan pada saat anda akan melakukan sidang hasil penelitian. 
1. Penampilan yang menarik
Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda, itu mungkin kata yang paling tepat untuk menggambarkan bagaimana anda harus berpenampilan. Saat menguji skripsi seorang penguji tidak dapat menghindari dari penilaian secara subjektif. Sebagai anggota tim penguji, penulispun merasakan bahwa penampilan atau kesan pertama seseorang pada saat masuk ke ruangan sidang sangat mempengaruhi penilaian selanjutnya. Ingat penilaian walaupun dilakukan dengan membuat pembobotan terhadap semua aspek penilaian, nilai sebelum dikalikan dengan bobot itu nilai subjektif.
2. Kuasai apa yang anda tulis
Anda tidak harus begadang semalaman pada saat akan sidang, mengapa? Itu semua karena anda sudah membolak-balik karya anda itu sudah berbulan-bulan bahkan mungkin ada yang hitungan tahun...he he kalo gak lulus2 atau cuti. Yang paling penting adalah yakinkan pada diri anda bahwa tulisan ilmiah itu adalah milik sendiri, buatan sendiri, dan anda paling tahu tetang karya tersebut, sehingga tidak ada alasan anda tidak paham akan hasil karya tersebut. Apabila karya tersebut buatan anda tentunya anda tidak akan kesulitan dalam menjawab semua pertanyaan penguji. Jika karya itu bukan buatan anda atau dibikinin, tidak ada alasan anda untuk tidak tahu... akan tetapi kalau ternyata itu hasil plagiat siap-siap saja dicabut kelulusannya dan maju ke ranah hukum...alis siap diajukan kepolisi karena kasus penipuan...wuih ngeri...
3. Buat slide yang menarik
Slide yang menarik dalam presentasi bukan slide yang penuh gambar, akan tetapi slide yang memudahkan pembaca untuk memahami apa yang sedang dibawakan. Sederhana tetapi harus jelas, tidak terlalu banyak dan sesuaikan dengan waktu yang disediakan. 
4. Latihan penyajian 
Untuk menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan anda harus latihan sendiri sebelum sidang. Biarkan teman anda menjadi pengujinya.

0 komentar:

Posting Komentar